Sinergitas TNI-Polri, Polsek Cileunyi bersama TNI Koramil melaksanakan Pengamanan dan Pengawasan di Lokasi Proyek Pembangunan KCJB

Cileunyi – Bertempat di lokasi proyek strategis Nasional kereta cepat Jakarta Bandung, Polsek Cileunyi Polresta Bandung bersinergi dengan TNI Koramil melakukan pengamanan Testing dan Commissioning proyek kereta Cepat Jakarta Bandung. Senin (24/7/2023)

Pengaman tersebut dilaksanakan di Wilayah Kecamatan Cileunyi diantaranya Jembatan diatas Trase dk 139+850 Cibiru hilir, Subgrade dk 140+300 Cibiru hilir, subgrade dk 140+900 Cibiru hilir, jembatan diatas Trase dk 141+250 Cibiru hilir, Subgrade dk 142+500 Cileunyi wetan dan Subgrade dk 144+593 Cileunyi wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung.

Pengamanan di area proyek KCJB itu sendiri bertujuan untuk mengantisipasi adanya tindak pidana kriminal yang kerap terjadi seperti pencurian, perkelahian, dan lain sebagainya.

Selain pengamanan, Sosialisasi pun dilakukan kepada masyarakat yang dilintasi jalur KCJB. Personel yang bertugas menyatakan bahwa waspada terhadap pencurian walaupun sifatnya kecil, seperti baut ataupun kabel serta tembaga, namun jika itu hilang dapat berdampak besar akibatnya, sangat fayal atau berbahaya sehingga mengakibatkan kecelakaan kereta.

Kegiatan tersebut juga dilaksanakan untuk memastikan para personel pengamanan yang ada di titik-titik kerawanan, agar berupaya meminimalisasi atau meniadakan kecelakaan kereta.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H. melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. “Menghimbau kepada warga masyarakat, khususnya pemuda, anak anak yang tinggal di sekitar jalur KCJB dari mulai saat ini dilarang untuk bermain layang layang karena dapat mengganggu kelancaran perjalanan kereta cepat, dihimbau kepada masyarakat dapat memahami juga untuk mendukung terlaksanakan Proyek Strategis Nasional.

“Pengamanan di proyek KCJB di laksanakan untuk mengantisipasi perjalanan kereta, dimana dalam pelaksanaan inspeksi, dimulai dengan menyisiri bantalan-bantalan yang akan dilalui oleh kereta cepat. Serta Mengefektifkan pembangunan KCIC, operasional kereta cepat agar dapat berlangsung dan dilaksanakan sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan.” ujarnya.

Disamping itu anggota yang bertugas melaksanakan pengamanan terhadap Aset, Sarana, Prasarana milik KCIC sehingga perjalanan Kereta Cepat dapat terhindar dari gangguan eksternal.

“Parra anggota yang bertugas juga melakukan Patroli disekitar jalur kereta cepat untuk memastikan perjalanan kereta cepat, aset, sarana dan prasarana aman dan tidak ada orang serta binatang yang masuk atau melintasi jalur kereta”.ujar Kapolsek Cileunyi

Selain itu personel Polsek Cileunyi Polresta Bandung yang bertugas, melarang dan mencegah orang yang tidak berkepentingan berada atau memasuki ke jalur kereta cepat serta menindak terhadap orang yang melakukan perbuatan kejahatan terhadap aset sarana, prasarana dan perjalanan kereta cepat.