Bidkum Polresta Bandung melaksanakan Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum di Polsek Cileunyi, Ini Arahan yang disampaikan

Cileunyi – Bertempat di Aula Mapolsek Cileunyi Jl. Panyawungan No.5 Desa Cileunyi Wetan Kecamatan Cileunyi Kabupaten Bandung, Polsek Cileunyi kedatangan Tim dari Bidkum Polresta Bandung. Senin (24/7/2023)

Kedatangannya Tim Dari Bidkum Polresta Bandung ini tiada lain untuk memberikan Sosialisasi dan Penyuluhan Hukum kepada para Personil Polsek Cileunyi.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Aula Mapolsek Cileunyi ini dipimpin langsung oleh Wakapolsek Cileunyi AKP Saep Balya, S.H. di dampingi Kanit Reskrim IPTU Asep Ahmad Nuron, S.H. dan sebagai Narasumber yaitu Aiptu Udin Saifoedin selaku P.S Kasubsi Bankum Polresta Bandung dan diikuti oleh Personil Polsek Cileunyi

Wakapolsek Cileunyi Polresta Bandung AKP Saep Balya, S.H. menyampaikan ucapan terima kasih atas kesediaan tim bidkum Polresta Bandung dalam memberikan sosialisasi dan penyuluhan hukum di Polsek Cileunyi

” Kami ucapkan selamat datang kepada Tim Bidkum Polresta Bandung, kegiatan ini tentunya sangat bermanfaat untuk kami jajaran Polsek Cileunyi dalam menambah pengetahuan dan pemahaman tentang hukum.” Ucap Wakapolsek Cileunyi AKP Saep Balya, S.H.

Dirinya juga menambahkan agar peserta sosialisasi untuk mengikuti pembahasan materi secara sungguh sungguh, sehingga para peserta sosialisasi dapat meningkatkan pengetahuan dan wawasan tentang hukum yang baik, agar dalam pelaksanaan tugas kedepannya tidak menemui hambatan dan masalah.

Dalam arahannya Aiptu Udin Saifoedin selaku P.S Kasubsi Bankum Polresta Bandung menyampaikan arahan diantaranya yaitu terkait TPPO (Tindak Pidana Perdagangan Orang) agar personil diwilayahnya tetap monitoring dan antisipasi agar jangan sampai ada warga yang menjadi korban dan tetap sosialisasikan bahaya TPPO ke warga sekitarnya dan Terkait Masalah lahgun Narkoba agar personil jangan sampai ada yang mencoba mengkonsumsi narkoba karena sangat beresiko mendapat Sidang Disiplin dan PTDH, Bagaimana cara dan kiat-kiat serta Antisipasi Pra Peradilan dalam setiap kasus yang ditangani oleh Unit Reskrim jangan sampai ada anggota yang mendapat Dumas maka terlebih dahulu koordinasikan dengan Sikum, Terkait dengan Penerimaan Anggota Polri maka wAnggota tidak boleh ikut-ikutan dan itu akan dikenakan sanksi berupa PTDH langsung dari Pimpinan dan Sulit untuk dikembalikan, Jika ada anggota yang akan di sidang disiplin maka terlebih dahulu koordinasikan dengan sikum agar bisa di selesaikan secara RJ (Restoratif Justice) dan ini untuk menghindari adanya sidang disiplin, Apabila ada anggota yang sudah tercatat dalam sidang disiplin atau bermasalah maka tidak memperoleh bintang kehormatan Nararya, Apabila ada gugatan dari Istri koordinasikan kepada sikum karena sikum sebagaimana pengacara negara untuk polri, Jika ada permasalahan bisa koordinasikan dengan Sikum Polresta Bandung.

Kapolsek Cileunyi melalui Wakapolsek Cileunyi AKP Saep Balya, S.H. mengatakan “Tujuan sosialisasi ini dilaksanakan agar anggota Polsek Cileunyi lebih memahami perundang-undangan dan peraturan dengan harapan terhindar dari penyalahgunaan wewenang ataupun terjerumus dalam permasalahan hukum, sehingga anggota Polri dapat bekerja lebih profesional dalam melayani masyarakat,” katanya.

Kapolresta Bandung Kombes Pol. Kusworo Wibowo, S.H., S.I.K., M.H..melalui Kapolsek Cileunyi Kompol Suharto, S.H. berpesan, agar sosialisasi ini jangan hanya dijadikan sebagai formalitas saja, tetapi benar-benar dilaksanakan dengan kesungguhan dan keseriusan sehingga dapat menunjang pelaksanaan tugas.

“Ilmu ini sampai kapanpun akan bermanfaat bagi setiap anggota Polri. Dengan mengikuti kegiatan sosialisasi dan penyuluhan hukum, kita bisa mendapatkan pengetahuan baru serta berharap materi yang disampikan bisa menjadi acuan bagi personel saat bertugas,” ujarnya.

Sementara itu, Wakapolsek Cileunyi AKP Saep Balya, S.H. mewakili Kapolsek Cileunyi dalam sambutannya mengatakan, materi yang disampaikan oleh Tim Bidkum Polresta Bandung agar betul-betul dipahami dan dimengerti oleh seluruh peserta, yang nantinya bisa dijadikan sebagai acuan dan pedoman dalam melaksanakan tugas sehari-hari di lapangan.

“Diharapkan dengan kegiatan ini bisa menjadi bekal bagi personel Polsek Cileunyi dalam menjalankan tugas, agar lebih baik lagi kedepannya,” tuturnya.

“Silahkan tanyakan jika ada hal yang belum jelas dari materi yang disampaikan narasumber,” pesan Wakapolsek seraya menutup kegiatan Sosialisasi